Bersama Bahagia Dalam Naungan Islam

HIDUP ITU NYATA


Kau yang merasa hidup, harus tahu bahwa hidupmu adalah dirimu sendiri. Apa yang kau lakukan, hari ini atau sepuluh tahun silam bermasa, entah baik atau buruk, itulah hidupmu, dan itu nyata adanya dan bagimu.

Bisa jadi kau telah mencela saudaramu, dan itu telah sepekan berlalu, kau pun tak bisa merabanya kembali, atau tanganmu tak kuasa menggenggamnya. Dan kau hanya bisa merasakan. Itu mimpi, sangat terasa itu hanya mimpi. Itulah anggapmu. Tapi, apa yang kau perbuat itu adalah nyata, dan itulah hidupmu dan bukan mimpimu.

Atau kau pernah tebarkan kebaikan kepada manusia, dan ia telah setahun masanya berlalu, kau hanya rasakan dalam bayangan, atau hanya terlihat sebagai sebuah kenangan. Dan hal itu terasa sekali olehmu, seperti halnya kau sedang menggali sebuah mimpi. Persis mimpi, dan itu hanya mimpi. Tapi, ternyata itu bukanlah mimpi, ia memang nyata adanya bagimu, dan itulah hidupmu. Masa lalu bukanlah mimpi, tapi ia adalah hidupmu, atau sebuah kenyataan dalam hayatmu yang pernah kau tapaki di atasnya.

Kala kau masih menimba ilmu di SD, SMP, SMA, atau Kuliah, Kau bisa terawang itu semua bagaikan sebuah mimpi, kau rangkum dan kau kenangnya. Kadang kau tertawa, kadang pula kau berkerut dahi saat menggali apa yang kau lakukan masa-masa itu. Dan semua itu adalah nyata adanya bagimu, dan itulah hidupmu. 

Kau tak bisa mengelak, yang kau bisa hanya menerawang dan teranggapnya bagai mimpi. Anggapan adalah anggapan, sementara kenyataan adalah nyata, dan nyata itu tersaksikan oleh siapa saja yang ada di sekelilingnya.
 
Kau bisa mengelak, tapi mereka takkan bisa berdusta dan akan bersaksi tentang hidupmu, kenyataan selama jalan hidupmu, dan semua itu adalah nyata bagimu, dan bukanlah mimpi.

Kau pun akan mendapatkannya sesuai dengan usahamu. Sepanjang hidupmu adalah seluruh usahamu, dan usahamu dalam hidupmu adalah kenyataan hidupmu, dengannya kau akan meraih sesuatu yang nyata karena usahamu yang nyata adanya.
 
Adapun mimpimu, itu bukanlah nyata, ia hanya bayangan dan ilustrasi kosong, kau pun takkan pernah mendapatkan apa-apa dari sesuatu yang nyata atas mimpimu, karena mimpi tidaklah nyata. Tapi, hidup itu nyata.

Allah berfirman ;

وأن ليس للإنسان إلا ما سعى وأن سعيه سوف يرى ثم يجزاه الجزاء الأوفى

[ Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya kelak akan diperlihatkan [ kepadanya ], kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna ] [ QS. An-Najm ; 39-41 ]

Ini usahamu dalam hidupmu di dunia yang akan terbalaskan kelak di akhirat. 

Dan dalam urusan dunia pun kau akan mendapatkan hasil yang nyata atas apa yang kau usahakan secara nyata pula. Kau bersungguh-sungguh dalam bekerja, kau pun akan mendapat hasil yang nyata sesuai kerja kerasmu. Kau berletih dalam belajar, kau pun akan mendapat nilai baik sesuai kerja kerasmu yang kau usahakan. Dan sebaliknya, kau bersantai diri dan bergampang diri akan sesuatu, kau pula pantas untuk mendapat apa yang sesuai kerjamu.

الجزاء من جنس العمل

[ Balasan itu menurut kadar amal perbuatan yang dilakukan ] itu kata-kata hikmah yang sering disampaikan oleh para ulama.

Jika kau mendapat yang terbaik, itu adalah balasan atas usaha terbaikmu yang kau lakukan. Bersyukur dan pujilah Allah yang telah memuliakanmu dengannya.

Dan jika kau mendapatkan yang buruk, maka itu adalah balasan atas usaha burukmu yang kau lakukan. Bersabar, instropeksi diri dan janganlah kau mencela melainkan kepada dirimu sendiri. Rubahlah dirimu, mumpung Allah masih beri kau kesempatan untuk menjadi yang lebih baik lagi. Karena, di akhirat kelak, saat kau mencela dirimu sendiri dan menyesali atas perbuatanmu, semua itu tanpa arti lagi karena tak ada lagi kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Hidup itu nyata. Dan balasan atas usahamu dalam hidupmu juga nyata. Maka, jadikanlah hidupmu sarat dengan kebaikan yang nyata. 

HIDUP ITU NYATA DAN BUKAN MIMPI.

Tapi, mimpi itu ada dalam hidupmu dan kau bisa jadikan mimpimu itu nyata dalam hidupmu. Kau boleh bermimpi, tapi jangan kau jadikan hidupmu hanya sebuah mimpi. Yang harus kau lakukan adalah jadikan mimpimu itu nyata dalam hidupmu.

Wallohu a'lam bishowab
Share:

Tidak ada komentar:

PALING BANYAK DIBACA

ARSIP

Followers

Arsip Blog